FMI 11 Gelar Seminar Nasional, Call For Papers dan Pengabdian Masyarakat (Making Indonesia 4.0 Green Business Management And Social Enterprise)

11
Nov

FMI 11 Gelar Seminar Nasional, Call For Papers dan Pengabdian Masyarakat (Making Indonesia 4.0 Green Business Management And Social Enterprise)

Samarinda. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Mulawarman bekerjasama dengan FMI Pengurus Korwil Kalimantan Timur dan Utara (FMI Korwil KALTIMTARA) Menggelar Forum Manajemen Indonesia 11 Seminar Nasional, Call For Papers dan Pengabdian Masyarakat (Making Indonesia 4.0 Green Business Management And Social Enterprise) Acara diawali (6/11/2019) dengan Seminar Nasional dan Call For Papers: Tempat Acara Hotel Bumi Senyiur Samarinda diikuti sebanyak 469 peserta. Selanjutnya, dilaksanakan parallel sessions call for paper yang terdiri dari 465 presenter dengan tujuh topik, yakni, Kewirausahaan dan inovasi bisnis (38), Manajemen keuangan (114), Manajemen pemasaran (126), Manajemen rantai pasok (12), Manajemen strategi (32), Manajemen sumber daya manusia (97) dan Teknologi informasi (7).

Terakhir, Pada malam harinya diadakan Award Best Papers dan Gala Diner Bersama Wakil Gubernur Kalimantan Timur H. Hadi Mulyadi, S.Si, M.Si. Artikel terpilih akan direkomendasikan untuk proses penerbitan pada Jurnal Terindex SINTA-DIKTI. ditutup (7/11/2019) dengan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat yang dilakukan di kota Tenggarong dan Samarinda dengan jumlah peserta sebanyak 319 peserta.

Dr. Sri Gunawan, DBA Ketua Pengurus Pusat Forum Manajemen Indonesia (FMI), dalam sambutannya menjelaskan “Seminar Nasional, Call for Paper, dan Pengabdian Masyarakat FMI 2019 ini merupakan penegasan atas komitmen FMI ke-11 dalam memfasilitasi pertukaran ide serta kolaborasi antara akademisi dan peneliti manajemen, untuk bekerjasama mendekonstruksi tantangan-tangangan manajemen. Pada tahun 2019 ini, seminar FMI diselenggarakan di Kota Samarinda dan bertindak sebagai penyelenggara adalah Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mulawarman

Panitia telah menerima beragam karya ilmiah dari perwakilan Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia, untuk dapat dipresentasikan pada sesi Call for paper, yang terbagi pada beberapa konsentrasi riset manajemen yaitu: Kewirausahaan dan Inovasi Bisnis, Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Rantai Pasok, Manajemen Strategi, Manajemen
Sumber Daya Manusia, dan Teknologi Informasi” lanjutnya

Sendangkan Dr. Rahmawati Thaha, SE, MM Sebagai Ketua Panitia Pelaksana, Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman “Perkembangan industri ekonomi digital yang kian pesat menuntut kita sebagai negara besar untuk mampu bersaing dalam menghadapi industri 4.0, kekuatan komunitas adalah kunci dari suksesnya industri ekonomi digital, Indonesia dengan jumlah penduduk terbesar ke 4 (empat) dunia, merupakan potensi besar baik bagi pasar domestik maupun pasar internasional, melihat potensi tersebut perhelatan Forum Manajemen Indonesia ke 11 Tahun ini harus dapat menjadi tonggak sejarah dari bangkitnya kekuatan industri ekonomi digital Nasional melalui fokus riset yang diarahkan pada industri 4.0” Ujarnya

Sehubungan dengan itu, tak luput kami juga mengucapkan apresiasi atas kerjasamanya dari beberapa Perguruan Tinggi sebagai Co-Host (STIE Bulungan, Universitas Terbuka, UMKT, Universitas Widyagama Mahakam Samarinda, STIEM Tanjung Redeb, UNIKARTA, UNTAG Samarinda, STIMI Samarinda, POLNES, Universitas Katolik Soegijapranata, STIE Nusantara Sangatta, Universitas Widyagama Malang, UNIBA, UII Yogyakarta, UBT, UNISBANK, UMI Makassar, Kalbis Institute, Trisakti School of Management, dan Universitas Methodist Medan).”lanjutnya


Selanjutnya Prof. Dr. Hj. Syarifah Hudayah, SE, M.Si Sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Mulawarman, menjelaskan “Forum Manajemen Indonesia (FMI) menjadi forum pertemuan dan komunikasi dosen Manajemen Perguruan Tinggi se-Indonesia, baik negeri maupun swasta. Dalam forum ini, diharapkan terjadi transfer knowledge, informasi, serta pengetahuan terkini baik untuk kepentingan industri, manajerial pengelolaan institusi, perumusan kurikulum, dan kebijakan, ataupun keilmuan. Melalui proses yang cukup ketat, dan selektif, kami berhasil meloloskan 89% (426 abstrak) dari jumlah artikel yang dikirim oleh peserta

Kami mengucapkan terimakasih pada pihak-pihak yang telah mendukung kegiatan ini, sehingga dapat terselenggara dengan baik. Ucapan terimakasih ini, secara khusus, kami sampaikan kepada Dr, Sri Gunawan, DBA sebagai Ketua FMI Pusat, Dr. Rahmawati Thaha, SE, MM selaku Ketua FMI wilayah Kaltim-Tara, serta 17 perwakilan Perguruan Tinggi yang tergabung dalam Koordinator Wilayah Forum Manajemen Indonesia Daerah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara Periode 2019-2023”lTegasnya.

Forum Manajemen Indonesia (FMI) merupakan wadah dosen-dosen perguruan tinggi seluruh indonesia sebagai forum yang berskala Nasional dalam melakukan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan FMI diadakan secara rutin setiap tahun dikemas dalam bentuk Seminar Nasional, Call for Papers, dan Pengabdian Masyarakat dan hasilnya didokumentasikan dalam bentuk prosiding maupun jurnal ilmiah. Penyelanggaraan FMI dilaksanakan secara bergantian oleh Perguruan Tinggi dari berbagai kota di Indonesia.

Peserta FMI-11 Samarinda Kali ini berasal dari 117 institus yaitu 115 Perguruan Tinggi, 1 Kementrian Tenaga Kerja, dan 1 adalah Umum yang tersebar dari seluruh Indonesia sebanyak 43 kota. Terbanyak dari kota Jokyakarta, kemudian Jakarta, dan Samarinda.

Kegiatan FMI-11 Samarinda diharapkan menjadi sarana yang efektif untuk knowledge sharing, seminar, workshop, desiminasi hasil-hasil penelitian, serta Pengabdian Kepada Masyarakat khususnya dalam bidang ilmu manajemen. Selain itu, FMI-11 Samarinda diharapkan mampu memberikan kesempatan bagi pemerintah dan seluruh masyarakat Kalimantan Timur dalam rangka memperkenalkan budaya, ciri khas serta produk unggulan secara langsung kepada semua peserta pada saat acara diselenggarakan, dan akan berdampak positif bagi peningkatan perekonomian Kalimantan Timur.

Share this post: