Super User

    Super User

    Mahasiswa merupakan generasi penerus perjuangan bangsa dan diharapkan dapat maju dengan ide dan gagasan yang cemerlang. Sebagai generasi muda, sangat penting bagi mahasiswa untuk berpartisipasi aktif dalam partisipasi politik, salah satunya adalah pemberian hak pilih dalam pemilihan anggota parlemen (Pemil). Kontribusi mahasiswa terhadap partisipasi politik membawa banyak implikasi pada proses penyelenggaraan pemilu yang aman, damai dan demokratis. Pemuda sebagai simbol perubahan harus mampu mengelola proses demokrasi pemilu untuk masa depan yang lebih baik.

    Dalam rangka meningkatkan peran mahasiswa untuk turut aktif dalam partisipasi politik. Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman, pada hari ini (28/03) telah mengadakan webinar dengan tema “Peran KPU dan Bawaslu dalam Meningkatkan Partisipasi Politik dan Kualitas Demokarsi”. Yang menghadirkan Dr. Muhammad Zaini, M.Si  selaku Koordinator Prodi Administrasi Bisnis sebagai Keynote Speaker dan narasumber yaitu (1). Dwi Haryono, S.Sos.M.Si  selaku komisioner KPU Kota Samarinda (2)  H. Daini Rahmat, SE selaku komisioner Bawaslu Kota Samarinda.

    Dr. Muhammad Zaini, M.Si  selaku Koordinator Program Studi Administrasi Bisnis menyampaikan bahwa webinar ini merupakan suatu kegiatan yang sangat baik dan relevan bagi para calon pemimpin masa depan bangsa yaitu para mahasiswa. Karena pasti kita mengingikan yang terbaik untuk negara dan bangsa ini. Seperti kalimat yang dikatakan oleh Presiden Amerika Serikat yaitu John F Kennedy “Jangan tanya apa yang dilakukan oleh negara untukmu, tapi tanyalah apa yang kamu bisa lakukan untuk negara”. Tegasnya kepada Warta Kaltim (28/03/2022).

    Selain itu, para narasumber juga turut memberikan kesan dan pesan mereka terkait acara webinar pagi hari ini.

     “Baik, terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada kami selaku KPU kota Samarinda untuk menyampaikan materi terkait Pentingnya partisipasi dalam pemilu, pemilihan dan demokrasi. Acara ini sangat bagus untuk di lanjutkan agar pemahaman mahasiswa mengenai hak memilih.” Ucap Bapak Dwi Haryono, S.Sos.M.Si  selaku komisioner KPU Kota Samarinda kepada panitia setelah acara selesai.

    H. Daini Rahmat, SE selaku Komisioner Badan Pengawas pemilihan umum (Bawaslu) Kota Samarinda menambahkan “Webinar ini merupakan kegiatan yang visioner dan menggugat kesadaran… harus progres dan rutin supaya bisa mewujudkan demokrasi substantif… peserta yang lumayan aktif… semoga semua bisa jadi agen pengawasan untuk pemilu yg berintegritas”

    Webinar ini merupakan ide dari mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis dalam perkuliahan Pengantar Ilmu Politik yang dikemas dengan sangat menarik sehingga meningkatkan semangat mahasiswa dalam mempelajari Ilmu Politik serta menumbuhkan kesadaran mereka mengenai pentingnya aktif dalam partisipasi politik sehingga menciptakan Pemilu yang aman, damai, dan demokratis.

    Info Boeneo - Adelia Anggraini Nurulita

    Samarinda- Kerukunan Warga Sangkulirang (KWS) menggelar Sangkulirang Preneur Xtravaganza di Plasa Hotel Mesra Internasional, Minggu (13/02/2022) 

    Acara dibuka Wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi, lanjut melakukan launching Sangkulirang Preneur yang ditandai dengan pemotongan tumpeng. 

    "4 kunci sukses dalam kehidupan yaitu Bekerja Keras, Bekerja Ikhlas, Bekerja Cinta, Berdoa dan juga memperluas pergaulan" pesan Pesan Hadi Mulyadi.

    Turut hadir juga Camat Sangkulirang, Kabid Koperasi Dinas Indagkop Kaltim Atikah, Kepala Dinas Pariwisata Sri Wahyuni, Ketua Kerukunan Warga Sangkulirang (KWS) Kaltim HM Alwie Dulhasym,Ketua KWS Samarinda Yusan Triananda, Rahmawati Wakil Ketua KWS Kaltim sekaligus Sekretaris Forum CSR Kesejateraan Sosial Kaltim, Tokoh KWS Kaltim HM Balfas Syam, Pengusaha dan  Tokoh Sangkulirang serta Undangan.

    Acara kemudian dilanjutkan dengan talk show kewirausahaan " Ayo Kembangkan Semangat Kewirausahaan, Menghadirkan (1) Yusan Triananda, Pengusaha sekaligus Ketua KWS Samarinda, (2) Agus Shohir, Direktur Utama  PT. Jamkrida Kaltim, (3) Windi  Komunitas SBC.

    Selain Talkshow Kewirausahaan, Talkshow SetorPlastik.Com acara juga dirangkai Wisata Belanja, Kuliner Makanan Tradisional dan Makanan Kekinian, Pameran pendidikan, Pameran Keuangan, Promo Wisata dan Event, Peluncuran SangkulirangPreneur, dan Peluncuran bubuhansuperapps.com.

    Nurul Sinanta Ketua Panitia dalam sambutannya menyatakan bahwa acara ini berangkat dari kegalauan rendahnya kewirausahaan di Kalimantan Timur dan Kerukunan Warga Sangkuliang (KWS) yang memiliki tanggungjawab untuk berbagi ilmu, mempelopori pembentukan gerakan kewirausahaan di Kalimantan Timur, terlaksananya acara SangkulirangPreneur Xtravaganza

    Wisata belanja diikuti oleh 22 Stand Bubuhan Sangkulirang, 5 Stand Hotel Mesra, 5 Stand Yayasan Bunga Bangsa, dari Komunitas PBJI, SDC, Jamkrida, dll

    Dalam acara ini, Alwie Dulhasym ketua KWS Kaltim, bercerita mengenai perjuangan masyarakat Sangkulirang zaman dahulu berada di daerah terpencil, sekarang telah mencetak banyak orang-orang yang “jadi” dan juga memiliki nilai religius yang tinggi.

    Sangkulirang Preneur XtravaganzaKemudian Bapak Yusan Triananda selaku Direktur Hotel Mesra Samarinda dan Ketua KWS Samarinda, berharap pada kegiatan kali ini bisa meningkatkan potensi yang ada, menjadi inspirasi dan Mendorong Tumbuhkan Kewirausahaan di Kalimantan Timur,  kita bantu dalam segi fasilitas tempat dan SDM Berkualitas, dengan aplikasi nanti bisa di petakan kita dorong semakin maju.

    "Ini dibentuk juga untuk menyambut adanya pembangunan Ibu Kota Negara baru (Nusantara), sehingga kita dapat mengambil peluang yang ada disekitar kita untuk dikembangkan menjadi peluang usaha, karena akan besarnya kebutuhan yang akan hadir dikarenakan Ibu Kota Negara baru, sehingga para supplier-supplier berasal dari masyarakat kita sendiri yang mengetahui potensi-potensi wilayah kita sendiri" lanjut Tegas Yusan

    Pada kehadiran ini diinfokan juga oleh Agus Shohir bahwa adanya PT. Jamkrida Kaltim, yang dimiliki oleh Pemprov Kaltim, dibentuk guna membantu memfasilitasi wirausahawan-wirausahawan di Kaltim, dengan bantuan mendapatkan akses Peminjaman di Bank, sehingga mereka yang membutuhkan modal UMKM terutama di Masa Pandemi ini, dapat terbantukan, sebagai kehadiran pemerintah dalam membantu UMKM.

    Sekaligus diresmikannya aplikasi SangkulirangPreneur, yang merupakan sarana untuk menghubungkan penjual dan pembeli, yang sudah bisa di unduh hari ini, adapula Platform bubuhansuperapps.com, aplikasi ini akan memfasilitasi wirausahawan-wirausahawan Kaltim untuk lebih dapat menjadi satu marketplace, dengan harapan sebagai kluster tiap provinsi untuk memperpendek perputaran uang, sehingga saling menguntungkan masyarakat sekitar.

    Info Borneo @2022- M.Arsyad dan Gabriel Paskalis Puma

    Tenggarong. Tujuh Presedium diamanahkan memimpin Majelis Daerah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Kabupaten Kutai Kartanegara Periode 2021-2026, dalam Musyawarah Daerah (Musda) V KAHMI Kukar dan Musda III FORHATI Kukar, Tema " Optimimalisasi Peran Kahmi dalam Menyongsong IKN". Musda berlangsung di Pendopo Bupati Kutai Kartanegara, Tenggarong, Sabtu 04/12/2021.

    Presedium PMD KAHMI Kukar terpilih yaitu: (1) Marwan, SP (2) Abdul Rasyid, S.E., M.Si, (3) Agus Surya Gunawan S.E., M.Si (4) DR.Sarkowi V Zahri ,S,Hut., M.Si (5) Rahmawati,S.Pd (6) Ika tatiana, S.P (7) Haidir,S.E.

    Acara dihadiri, Presedium PMW KAHMI Kaltim Prof Dr. Aswin, MSi Sekaligus membuka Acara dan Mursidi Muslim, Tauhid Aplianur Kepala Dinas Pendidikan Kab. Kukar, anggota KAHMI Kukar, serta undangan

    Dalam Kesempatan Tersebut Marwan, Presedium KAHMI Kukar Menjelaskan “Presidium terpilih merupakan kader terbaik KAHMI Kukar dan itu sudah merupakan perwakilan dari semua Angkatan”

    “Insya Allah akan lebih baik dan yang menjadi prioritas adalah sekretariat sebagai wadah berkumpul, KAHMI Kukar Tetap akan sesuai koridor organisasi independen dan tidak memihak”

    “Kahmi harus jadi rumah besar yang akan melahirkan ide dan gagasan untuk kemajuan Bersama” Tegas Marwan.

    *)Juliati

     

    Samarinda. Sufian Agus Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Kalimantan Timur menjelaskan di Kalimantan Timur bermacam suku di Kaltim maka Kaltim di juluki mininya Indonesia karena semua suku Ada, dengan berbacam suku kita syukuri bahwa Kaltim tetap aman, bahwa Kaltim kita jaga Bersama, bukan hanya tugas TNI dan Polri tapi tugas Kita Bersama”

    "Total Jumlah Penduduk Kalimantan Timur: 3.786.161 Jiwa. Islam 96,92%; Kristen 7,91%; Katolik 4,42%: Hindu 0,25%; Budha 0,47%; Khonghucu 0,01%, Lainya 0,03%. Presentase Suku  Bangsa  Provinsi  Kalimantan  Timur yaitu :Jawa 29,55%; Bugis 18,26%; Banjar 13,94%, Dayak, 9,91%; Kutai 9,21%; lainnya 19,13%. Nah ini bermacam suku di kaltim maka kaltim di juluki mininya Indonesia karena semua suku Ada, dengan berbacam suku kita syukuri bahwa Kaltim tetap aman, bahwa Kaltim kita jaga Bersama, bukan hanya tugas TNI dan Polri tapi tugas Kita Bersama”. Disampaikan Sufian Agus dalam Rapat Koordinasi Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Provinsi dan Kabupaten/Kota Se Kaltim, dengan tema “Peran organisasi masyarakat mendukung kondusifitas daerah di Kaltim dalam rangka pemindahan Ibu Kota Negara” bertempat di Hotel Mercure Samarinda Selasa, 23/11/2021.

    “Walau Ada Konflik lahan di Kaltim, seperti yang disampaikan dari Polda, tapi bias diatasi, konflik kecil-kecil, “

    “IKN Selain membawa peluang tentu akan membawa juga masalah sosial, Terutama Akan Datangnya Penduduk kekalim. Kita Harus Siap” Ucap Sufian Agus

    “Harapan Saya Ormas Bisa mendukung Visi dan Misi Gubernur Kalimantan Timur”

    "Peran Kunci  Pemerintah (selaku  regulator) Terhadap Ormas yaitu: Monitoring (Kelembagaan & Kegiatan), Pengawasan (Misuse – Abuse),dan  Pemberdayaan (Capacity Building)" tegas Sufian Agus.

    “Peran Ormas Pra Dan Pasca Pemilu Serentak Tahun 2024 1.Ormas berperan meningkatkan kualitas demokrasi 2. Turut mengawal setiap proses Pemilu untuk melahirkan kebijakan-kebijakan yang berdampak langsung bagi kehidupan rakyat secara umum.3.Ormas berperan menjaga stabilitas keamanan. Pemerintah dan Ormas harus bekerjasama menjaga kondusifitas suasana pasca Pemilu 2024 hingga penetapan resmi oleh KPU. 4.Ormas berperan merajut kebhinekaan. Ormas berperan penting dlm merekatkan kembali tali persaudaraan akibat perbedaan pilihan politik pada Pemilu Serentak tahun 2024"

    “Hal-hal yang perlu mendapat perhatian Ormas : 1. Menyikapi banyaknya Ormas, perlu sinergi yg kuat antara Pemerintah (K/L) & Tokoh Ormas;2.Kemendagri mengoptimalikan pembentukan Tim Terpadu Pengawasan Ormas di tingkat daerah (Prov/Kab/Kota);3.Pemda terus berkoordinasi dgn aparat keamanan agar terus memonitor perkemb & pergerakan Ormas radikal/bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945; 4.Pemda berkoordinasi dengan K/L Pusat dlm rangka memerangi Hoax dan Kampanye Hitam, serta mencari solusi atas maraknya situs-situs bermuatan paham radikal/bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945.” Tegas Sufian Agus.

    @2021

    Sangatta- Setelah Berau Tim Gerustik (Gerakan Pengurangan Sampah Plastik) lanjut membagikan Tas Gerustik produk UMKM KSM Anggrek ke Pejabat, Tokoh Masyarakat, Sekolah dan Masyarakat di Sangatta Kutai Timur. Tim Gerustik pada Kabupaten Berau dan Kutim di pimpin Sarifudin Asy Syahran telah membagikan 200 Tas dari Total 2.000 Tas yang akan dibagikan di seluruh Kabupaten/ Kota di Kalimantan Timur.

    "Diharapkan nantinya masyarakat sudah mulai menggunakan tas yang kuat dan dapat dipakai berulang-ulang, serta aman bagi kesehatan sehingga tidak lagi menggunakan kantong plastik, baik di supermarket maupun pasar tradisional. Kami lagi galang kemitraan baik Pemerintah Daerah, Perusahaan, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Organisasi Masyarakat, Sekolah, Organisasi Pedagang agar bersama sama menjaga lingkungan dengan mengurangi sampah plastik yang tentunya akan mengganggu stabilitas ekosistem. Selain dari sisi lingkungan gerakan ini juga menekankan pada cinta produk UMKM lokal maka diharapkan Tas pengganti kantong plastik yang ada, yang hanya sekali pakai dan cepat rusak merupakan Tas Produk UMKM. Saat ini kami mempersiapkan 2000 Tas yang akan kami bagi ke masyarakat yang merupakan bantuan dari PT. Kaltim Nitrate Indonesia sebagai Perusahaan Pelopor, mudahan perusahaan lain di Kalimantan Timur bahkan Nasional bisa juga memberikan perhatiannya untuk membeli Tas Buatan UMKM lokal yang memenuhi standar untuk dibagikan kepada masyarakat. Mudahan kedepannya akan menjadi pola pembiasaan atau budaya. Kami akan terus memberikan sosialisasi, penyadaran kepada masyarakat, stakeholder terkait pentingnya pengurangan sampah plastik, terus dan siap mendistribusikan Tas Gerustik" Ujar Sarifudin.

    "Kami Sudah memberikan Tas Gerustik kepada Anggota DPRD Sangatta, Sekwan DPRD Kutai Timur, Assisten 2 Sekretaris Daerah Kutai Timur, ke SMA 1 Sangatta,  Bahkan Kami Telah Memberikan ke Pembeli dan Pedagang di pasar tradisional di Sangatta Kutai Timur pada hari ini 30 Oktober 2021" Tegas Sarifudin. 

    "Terima Kasih saya ucapkan kepada PT. Kaltim Nitrate Indonesia (PT. KNI), Terima Kasih Kepada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Kalimantan Timur (Dinas Perindagkop UKM Kaltim) atas kerjasamanya dengan kampus, mudahan kedepannya menjadi gerakan sosial dan terciptanya kesadaran kolektif" Lanjut Sarifudin

    Hal ini juga disampaikan Mardawati MZ selaku Waka Kurikulum SMA 1 Sangatta "Kami sangat mengapresiasi dan sangat mendukung program Gerustik (Gerakan Pengurangan Sampah Plastik), dimana program ini sangat sejalan dengan moto sekolah Kami yaitu Peduli Lingkungan, harapan semoga lingkungan semakin lestari, menambah nilai jual dan meningkatkan pendapatan UMKM Llkal serta berkelanjutan" Tegasnya

    Hal ini juga di sampaikan Basri Sangga Langi "Saya Sebagai anggota DPRD Kutim memberi aspresiasi terhadap program ini, mudahan program ini berjalan dengan baik sehingga sampah plastik bisa berkurang" Tergasnya 

    Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Timur H. Iksanuddin Syerpi Mengatakan "Mengharapkan sampah plastik perlu dikurangi, bahwa gerakan pengurangan Sampah Plastik atau Gerustik sangat baik, Kami akan sampaikan kepada Pimpinan Dewan" Tegasnya.

    Sementara itu Kadis Koperasi UKM dan Ekonomi Kreatif Kutim, Darsafani mengatakan " Bahwa Program Gerustik dengan Tas yang Kuat ini Produk UMKM  digunakan berbelanja pengganti kantong plastik yang dapat dipakai berulang-ulang merupakan Program pertama yang ada, Terus brlanjut untuk meningkatkan mengurangi sampah dari kantong plastik dan meningkatkan nilai ekonomi bagi UMKM lokal(*)

    Guna  mewujudkan SDM yang lebih unggul dan pengabdian masyarakat Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman (Fisip Unmul) mengandeng PT. Kaltim Nitrate Indonesia (PT. KNI) yang di tuangkan dalam Nota Kerjasama (MoU) yang ditandatangani Rheza Zackarias selaku Government, Community Relation & GA Dept. Head dan  Muhammad Noor selaku Dekan Fisip Unmul di Ruang Serbaguna Fisip Unmul, Samarinda pada Kamis 7/10/2021.

    Dalam kesempatan ini PT. KNI menyerahkan 1.000 tas belanja buatan KSM Anggrek kepada Fisip Unmul untuk di bagikan kepada masyarakat guna mensukseskan Program Gerakan Pengurangan Sampah Plastik Pembangunan Sosial (Gerustik Pemsos) 2021 dengan mengunakan produk UMKM lokal oleh Program Studi Pembangunan Sosial Fisip Unmul,

    Program Gerustik sejalan dengan program PT. KNI  pengurangan sampah plastik, yang mendapat pengakuan bahwa PT. KNI telah meraih penghargaan di bidang lingkungan dalam ajang Indonesia Green Award (IGA) 3 (Tiga) tahun berturut turut tahun 2019-2021, serta penghargaan Indonesia CSR Awards 2020 Social Investment & Sustainable Dovelopment dengan Kategori Gold dalam keterlibatan dan pengembangan masyarakat, pemberdayaan komunitas berwawasan lingkungan  Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Anggrek.

    “Produk Tas Buatan KSM Anggrek merupakan produk daur ulang limbah karung asam nitrate yang berasal dari PT. KNI menjadi tas belanja, tas motor, polybag tanah untuk tanaman, yang ramah akan lingkungan yang memiliki nilai ekonomis yang harga jualnya Rp.15.000 hingga Rp.20.000, sudah cukup untuk meningkatkan perekonomian para masyarakat sekitar” Tegas Hartono pelopor KSM Anggrek.

    Rheza Zacharias selaku Government Community Relation dan GA Dept. Head PT. KNI dalam sambutannya menyampaikan bahwa dijalinnya kerjasama tersebut merupakan langkah awal dalam pengembangan masyarakat yang memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

    “kami berkomitmen  selalu proses berkelanjuatan tidak hanya satu atau dua kali lalu selesai. Salah satunya program yang kami jalankan adalah program pengolahan atau daur ulang limbah plastik dari perusahaan yang dikelolah oleh KSM Kami, yaitu KSM Anggrek yang merupakan kerjasama dengan masyarakat” ujar Rheza.

    Pada kesempatan ini M Noor Dekan Fisip Unmul. menyampaikan “siap mendukung dan bergandeng tangan dalam mensukseskan kegiatan gerakan pengurangan sampah plastik yang diinisiasi Program studi bersama PT. KNI,  Kami harapkan kerjasama ini agar dapat di perluas di bukan hanya pengabdian masyarakat, tapi juga pendidikan seperti program magang bagi mahasiswa kami”

    Acara diakhiri dengan presentasi  perkembangan Program Gerustik oleh Sarifudin Asy Syahran dosen Fisip Unmul.

     “ Bahwa Kami telah melakukan penelitian, sosialisasi kepada masyarakat melalui sekolah di 9 (Sembilan) Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Timur, sosialisasi melalui social media dilanjutkan nantinya mendistribusikan tas belanja bantuan PT. KNI yang merupakan Produk KSM Anggrek. Tas telah melewati uji kekuatan dan dapat dipakai berulangkali sehingga mengurangi penggunaan tas plastik. Mudahan program Gerustik ini bukan sekedar gerakan lokal saja tapi juga gerakan nasional hingga internasional” Ujar Sarifudin dalam presentasinya.

    Acara dihadiri Tim PT. KNI antar lain Rheza Zacharias, Wisnu Ahmadin, Rahmat Haryono dan Hartono (KSM Anggrek), Dekan ,Wakil Dekan, Dosen, Koordinator Program Studi, Dosen dan Perwakilan Mahasiswa  Fisip Unmul.

    Mou Fisip Unmul dan PT. KNI

    @2021* Zhienka Putri Wijaya dan Salma Safitri

    Jakarta. Kelestarian lingkungan dalam menangani persoalan lingkungan. Inilah yang kemudian mengantarkan PT Kaltim Nitrate Indonesia meraih penghargaan dalam ajang Indonesia Green Awards 2021 untuk yang ketiga kalinya.

    Penghargaan Indonesia Green Awards 2021 ini diserahkan langsung oleh Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Drs. Alue Dohong, Msc, PhD dan Chairman The La Tofi School of CSR Bapak La Tofi. Penghargan diterima langsung oleh Presiden Direktur PT Kaltim Nitrate Indoensia Mei Suryawan Rabu 7 April 2021 di Hotel Indonesia Kempinski Jakarta.

    Kerja kolektif PT Kaltim Nitrate Indonesia yang diwujudkan melalui program Community Development di apresiasi oleh The La Tofi School of CSR dengan meraih dua penghargaan dalam ajang ini. Pertama, kategori Penanganan Sampah Plastik melalui Program KSM Anggrek. Cerita sukses dari keberhasilan Program KSM Anggrek ini ialah adanya jaminan keberlanjutan ekonomi bagi anggota kelompok. Program ini memberikan peningkatan tambahan ekonomi bagi kelompok melalui produksi yang berkelanjutan dan mendorong kemandirian masyarakat. Disisi lain, program ini juga mendukung Peraturan Walikota Bontang Nomor 30 Tahun 2018 tentang Pengurangan Penggunaan Produk Plastik Sekali Pakai. Sederhananya, KSM Anggrek mengajak masyarakat untuk berperilaku bijak terhadap lingkungan, salah satunya dengan mengurangi penggunaan sampah plastik.

    Kedua, kategori Mengembangkan Keanekaragaman Hayati melalui Program Laskar Taman Nasional Kutai (Laskar TNK). Program ini merupakan program pemberdayaan kader konservasi yang dibentuk atas kolaborasi antara PT Kaltim Nitrate Indonesia, Balai Taman Nasional Kutai dan Bumi Edukasi. Program yang dijalankan ialah pengembangan nursery yang dikelola oleh Laskar TNK. Nursery yang berisi beragam jenis tanaman ini merupakan bentuk pengembangan dan pengkayaan keanekaragaman hayati di wilayah Taman Nasional Kutai. Selain itu, kegiatan kelompok ialah melakukan kegiatan edukasi lingkungan, penanaman mangrove hingga kolaborasi program bersama Yayasan Lindungi Hutan dan startup Jejak.in untuk melakukan pemantauan mangrove secara digital. Harapannya, program ini mampu memprovokasi para anak muda untuk mencintai lingkungan, untuk mencintai rumahnya, yaitu alam.

    Dalam pernyataannya, Presiden Direktur PT KNI - Mei Suryawan menyampaikan “terima kasih kepada The La Tofi School of CSR yang telah menyelenggarakan acara ini. Melalui ajang ini, kami juga bisa melihat praktik baik dari perusahan-perusahaan yang berpartisipasi dalam ajang ini. PT KNI akan selalu berpartifipasi aktif dalam kegiatan community development, termasuk diantaranya ialah kegiatan pelestarian lingkungan, pengembangan keanekaragaman hayati. Harapannya ini sebagai kontribusi nyata kami yang bisa bermanfaat untuk saat ini dan generasi mendatang.

    Mei Suryawan juga menambahkan, melalui program community development dapat mendorong kemandirian masyarakat dan keberlanjutan program. Selain itu, program yang diimplementasikan KNI juga sejalan dengan Sustainable Development Goal’s.

    Penghargaan ini merupakan wujud kepedulian PT Kaltim Nitrate Indonesia terhadap keberlangsungan lingkungan, khususnya di wilayah perusahaan beroperasi. Apresiasi ini juga mendorong perusahaan untuk semakin aktif dan inovatif dalam menjalankan program yang berwawasan lingkungan.

    Info Borneo-2021

    Kutai Kartanegara. DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara melakukan sidang paripurna ke-8 Masa Sidang II DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara, terkait Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Bupati Kutai Kartanegara Tahun Anggaran 2020, Rabu 31 Maret 2020

    Sidang Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggunjawaban (LKPJ) Bupati Kutai Kartanegara Tahun Anggaran 2020 di pimpin langsung Abdul Rasid, SE,.M.Si selaku ketua DPRD kukar di dampingi para wakil ketua DPRD Kukar dan anggota DPRD Kukar di ruang sidang paripurna DPRD kukar.
    Sidang paripurna ke-8 Masa Sidang II DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara tetap menggunakan Penerapan Protokol Kesehatan. “Penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung jawaban (LKPJ) Bupati Kutai Kartanegara Tahun Anggaran 2020” disampaikan langsung H. Rendi Solihin selaku wakil Bupati Kabupaten Kutai Kartanegara.
     
    Rendi mengatakan Penyampaian LKPJ merupakan amanat Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah Pasal 69 ayat (1) Selain mempunyai kewajiban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 67 Kepala Daerah wajib menyampaikan laporan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, laporan keterangan pertanggungjawaban, dan ringkasan laporan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.
     
    Secara rinci hal tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2020 Tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 Tentang Laporan Dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dan Surat Kementerian Dalam Negeri Nomor 120.04/6931/OTDA Tahun 2020 Hal Penyampaian Pedoman Penyusunan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah Tahun 2020.
    LKPJ Bupati Kutai Kartanegara ini disusun berdasarkan pelaksanaan tahun 5 (kelima) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2016–2021, yang dituangkan dalam Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2020 dengan tema Pembangunan yaitu “Transformasi Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat”. tuturnya

    Mengawali penyampaian informasi kinerja pemerintahan Kabupaten Kutai Kartanegara dalam kurun waktu tahun 2020 banyak hal yang perlu dilaporkan, untuk itu perkenankanlah saya menyampaikan bagian kedua struktur APBD Kabupaten Kutai Kartanegara tahun 2020 .

    Sisi Pendapatan Daerah selama Tahun 2020 dianggarkan 4,404 triliun rupiah dengan realisasi sebesar Rp.4,456 triliun atau persentase 101,13%, dengan perincian pendapatan dari Pendapatan Asli Daerah dianggarkan sebesar Rp. 361,128 milyar terealisasi Rp. 450,599 milyar atau persentase 124,78%., Dana Lain-lain Pendapatan Daerah yang sah dianggarkan sebesar Rp. 210,458 milyar dan capaian realisasi sebesar Rp. 317,807 Milyar atau presentase sebesar 151,01%, sedangkan dana yang bersumber dari Dana Perimbangan dianggarkan sebesar Rp. 3,947 triliun terealisasi sebesar Rp. 3,885 trilyun atau persentase sebesar 98,45%.

    Sedangkan Rencana Belanja Daerah dianggarkan sebesar Rp. 5,451 triliun dengan capaian realisasi Rp. 4,545 triliun atau 83,38%. dengan perincian, Belanja Tidak Langsung dianggarkan Rp. 3,748 triliun terealisasi sebesar Rp. 3,249 triliun atau 86,70%. sedangkan komponen Belanja langsung dianggarkan sebesar Rp. 1,523 triliun dan terealisasi Rp. 1,131 triliun atau persentase 74,30%.

    “Penerimaan Pembiayaan dianggarkan sebesar Rp. 1.657 Triliun dan terealisasi Rp. 1.645 Triliun atau persentase sebesar 99,28%. Pengeluaran Pembiayaan dianggarkan sebesar Rp. 20 Milyar capaian realisasi sebesar Rp. 20 Milyar atau persentase sebesar 100%. Dari pengelolaan APBD Kabupaten Kutai Kartanegaratahun 2020 tersebut sampai akhir Desember 2020 tersedia Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA) sebesar Rp. 1.625 Triliun atau persentase sebesar 99,27%”. ungkapnya.

    Tahun 2020 merupakan tahun kelima masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Kutai Kartanegara. Sejumlah kemajuan dan prestasi pembangunan telah dicapai. Dan kondisi Kutai Kartanegara saat ini sudah berubah, semakin maju dan berkembang dengan hasil pembangunannya yang saat ini kita rasakan bersama. Ini terbukti dangan adanya prestasi keberhasilan yang telah diraih oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara sepanjang tahun 2020, antara lain :

    • Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara menerima penghargaan kearsipan kategori memuaskan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).
    • Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara menerima penghargaan WTP dari Kementrian Keuangan Republik Indonesia.
    • Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara menerima penghargaan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TIPD) dari Kementrian Perekonomian Republik Indonesia.
    • Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara menerima penghargaan Inovasi Kelola Listrik Komunal Muara Enggelam (Klikme) sebagai TOP 45 Inovasi
    • Pelayanan Publik dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Republik Indonesia.
    • Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara menerima penghargaan tingkat nasional Bhumandala Ariti Kategori Kabupaten “Simpul Jaringan Kabupaten” dari Badan Informasi Geospasial (BIG) Republik Indonesia.
    • Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara menerima penghargaan Peduli HAM dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (KEMENKUMHAM) Republik Indonesia.
    • Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara melaksanakan Penganugerahan CSR Award III dan LKPM 2020.
    • Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara meraih 7 Panji Terbaik I Keberhasilan pembangunan pada upacara Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Kalimantan Timur ke-63 Tahun 2020, di Stadion Madya Sempaja Samarinda Kalimantan Timur.

    “Bidang Pengembangan Hortikultura, Bidang Pembangunan Ketahanan Pangan,Bidang Perkebunan, Bidang Tata Kelola Kearsipan, Bidang Penyelenggaraan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kategori Kabupaten. Kemudian Bidang Kondusifitas Daerah, Bidang Gerakan Pramuka”, Turur H. Rendi di hadapan sidang DPRD.
     
    Suber: Humas Protokol & Publikasi Set DPRD Kukar
     
    #InfoBorneo.Web.id@2021
     

    Pembangun Ibu Kota Negara (IKN) tidak hanya menyiapkan infrastruktur dan lingkungannya saja, tetapi juga manusianya, baik yang akan pindah maupun yang telah lama menetap. Untuk membahas pentingnya aspek sosial budaya dalam rencana pembangunan IKN, Kementerian PPN/Bappenas menyelenggarakan Dialog Nasional VII Pemindahan Ibu Kota Negara: “Membangun Kualitas Kehidupan Sosial Budaya” pada Selasa (25/2), di Balai Purnomo Prawiro Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat. “Kementerian PPN/Bappenas telah memproyeksikan jumlah penduduk dan urbanisasi yang akan terjadi di Ibu Kota Negara. Saat ini, penduduk setempat Ibu Kota Negara tercatat 100 ribu jiwa. Jumlah tersebut diperkirakan bertambah menjadi 700 ribu jiwa di 2025, kemudian berkembang menjadi 1,5-1,6 juta jiwa di 2035, hingga mencapai perkiraan 1,7-1,9 juta jiwa di 2045. Berdasarkan ini, kita akan merancang desain kotanya seperti apa, sistem transportasi, gedung, dan lainnya. Selain itu, kami tetap memastikan lingkungan hidupnya terjaga,” jelas Deputi Bidang Pengembangan Regional Kementerian PPN/Bappenas Rudy Prawiradinata.   

    Disampaikan dalam Dialog Nasional VII Pemindahan Ibu Kota Negara: “Membangun Kualitas Kehidupan Sosial Budaya” dilaksanakan Kementerian PPN/Bappenas bekerja sama dengan FISIP Universitas Indonesia untuk mendapatkan masukan yang konstruktif agar Masterplan Pembangunan IKN yang akan segera disusun dapat menerapkan prinsip inklusif, lestari, berkelanjutan, serta mampu mendukung pertumbuhan ekonomi yang mendorong pemerataan ke seluruh wilayah Indonesia. Diskusi publik ini akan terus dilaksanakan sebagai bentuk pelibatan publik, terutama dari generasi milenial di lingkungan kampus. Suara milenial akan sangat mempengaruhi wujud IKN kita ke depan sebagai the Best City on Earth. “Mimpi Bapak Jokowi adalah membuat Ibu Kota Negara menjadi pusat kluster inovasi dan riset dunia. Di sinilah peran aktif milenial dibutuhkan untuk mewujudkan keinginan tersebut,” ujar Staf Khusus Presiden Billy Mambrasar.

    Kalimantan Timur sejak dulu telah memiliki struktur sosial yang beragam. Sekitar 1,5 juta pendatang yang terdiri atas Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan POLRI beserta keluarganya, serta pelaku ekonomi lainnya akan hadir di wilayah IKN. Oleh karena itu, pemindahan IKN ke Kalimantan Timur perlu dipersiapkan sebaik mungkin agar tidak menimbulkan masalah yang tidak kita inginkan. Pemahaman yang komprehensif mengenai kareakteristik sosial, ekonomi, maupun budaya masyarakat akan membantu Indonesia mewujudkan IKN yang “SmartGreenBeautiful, dan Sustainable”.

    Pada 2018, jumlah penduduk Kalimantan Timur sebesar 3,6 juta jiwa diproyeksikan akan meningkat menjadi 5-7 juta jiwa di 2025, kemudian 8,7-9,7 juta jiwa di 2035, dan mencapai 10-11 juta jiwa di 2045. Hal ini terjadi karena pemerintah tidak hanya mengembangkan wilayah IKN saja, tetapi juga wilayah sekitarnya. Deputi Rudy juga menyatakan tidak ingin membuat IKN menjadi enclaved, sementara wilayah sekitarnya tidak berkembang atau didiamkan secara alami, tetapi pemerintah justru ingin memastikan pembangunan IKN dan wilayah sekitarnya berimbang. Beliau berharap Bappeda dapat menyiapkan pelatihan vokasi serta Balai Latihan Kerja (BLK) untuk jenis pekerjaan yang bisa dikembangkan.

    Menurut Deputi Rudy, terdapat beberapa sektor yang akan dikembangkan di IKN agar masyarakat setempat dapat turut berpartisipasi dalam pembangunan IKN. “Mulai dari sektor layanan, pendidikan tinggi, dan industri digital dan inovasi, ini yang akan kita kembangkan di kawasan Ibu Kota Negara. Sektor-sektor ini akan menarik penduduk baru ke sana karena dalam urbanisasi, masyarakat tidak akan mau berpindah kalau tidak ada kesempatan baru. Kita juga akan mempersiapkan masyarakat setempat supaya bisa berpartisipasi dalam pembangunan Ibu Kota Negara. Ini akan menyerap tenaga kerja yang signifikan, belum lagi saat nanti Ibu Kota Negara sudah berkembang akan ada demand-demand baru yang cukup signifikan dari sisi pertanian, ekonomi kecil menengah, dan lainnya,” jelas Deputi Rudy.        

    Dalam mewujudkan IKN yang majemuk dan harmonis sesuai dengan identitas bangsa Indonesia, diperlukan pemahaman dan perencanaan aspek sosial-budaya dan sosial-ekonomi yang komprehensif. Perencanaan aspek sosial dilaksanakan dengan memastikan faktor-faktor, seperti penerimaan masyarakat, peningkatan kualitas SDM, pemanfaatan dan pengembangan kearifan lokal, sumber-sumber penghidupan masyarakat, serta peran berbagai pihak termasuk generasi milenial dalam pembangunan IKN. “Sektor penyerapan tenaga kerja terbesar adalah perdagangan dan pertanian, tetapi penciptaan kesempatan kerja terbesar terjadi di sektor jasa pendidikan dan baru disusul perdagangan,” jelas Deputi Bidang Kependudukan dan Ketenagakerjaan Kementerian PPN/Bappenas Pungky Sumadi.

    Perbedaan karakteristik sosial budaya antara masyarakat setempat dan pendatang perlu diantisipasi sejak awal dan ketahanan masyarakat secara ekologi, ekonomi dan sosial budaya dapat terwujud. “Kearifan ekologi dan kebudayaan masyarakat yang mempengaruhi cara hidup secara turun temurun, harus terus dilestarikan dan dapat dimanfaatkan bagi pembangunan Ibu Kota Negara,” jelas Staf Ahli Menteri PPN Bidang Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Vivi Yulaswati.

    Kementerian PPN/Bappenas telah melaksanakan berbagai kajian, termasuk aspek demografi, sosial dan budaya dalam pemindahan IKN. Kajian yang dilakukan merupakan tahap awal, yang perlu didiskusikan dan didalami lebih lanjut dengan berbagai pakar. “Kota hanya berarti kalo ada masyarakat. Kalo kita berbicara masyarakat, kita bicara konektivitas budaya, bukan sekadar beton, bukan sekadar pabrik, dan bukan sekadar jalan, tapi adalah manusia dan manusia adalah makhluk sosial,” jelas Rektor Universitas Indonesia Ari Kuncoro. Dosen Arsitektur dan Perencanaan Universitas Gadjah Mada Laretna Adishakti juga mengungkapkan pentingnya pembangunan dengan perspektif budaya yang menyeluruh. “Membangun Ibu Kota Negara merupakan sebuah legacy yang dilakukan manusia. Semoga nantinya Ibu Kota Negara menjadi saujana pusaka yang tetap mempertahankan kearifan lokal,” jelas Laretna.

    Jakarta. Pemerintah telah memutuskan untuk melarang aktivitas mudik lebaran tahun 2021. Menko PMK Muhadjir Effendy menyebutkan larangan mudik lebaran tahun ini akan dimulai tanggal 6 sampai 17 Mei 2021. Tujuannya adalah untuk mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19

    Hal itu berdasarkan hasil keputusan rapat koordinasi yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy bersama sejumlah menteri dan pimpinan lembaga terkait di Kantor Kemenko PMK, Jakarta, Jumat (26/3).

    “Sesuai arahan Bapak Presiden dan hasil keputusan rapat koordinasi tingkat menteri maka ditetapkan bahwa tahun 2021 mudik ditiadakan,” tegasnya saat konferensi pers usai rakor melalui media daring.

     Muhadjir menekankan larangan mudik lebaran tidak hanya berlaku  bagi Aparatur Sipil Negara (ASN), pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), maupun TNI/Polri, melainkan pegawai swasta dan juga seluruh masyarakat Indonesia. Hal tersebut sekaligus untuk memaksimalkan manfaat dari pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang telah dilakukan sejak beberapa waktu lalu.
    Sementara itu, lanjutnya, untuk cuti bersama Idul Fitri tetap diberlakukan yaitu pada tanggal 12 Mei 2021. Kendati masyakat diimbau untuk tidak melakukan pergerakan atau aktivitas kegiatan yang berpotensi menaikkan angka kasus penularan dan keterpaparan Covid-19.

    Pada kesempatan tersebut juga diungkapkan bahwa terdapat pengecualian larangan mudik, khususnya bagi pegawai yang sedang melakukan perjalanan dinas. Meskipun, untuk itu harus disertai dengan syarat memiliki surat tugas yang ditandatangani oleh pejabat minimal eselon 2 bagi ASN dan BUMN atau surat keterangan dari kepala desa bagi masyarakat yang memiliki keperluan mendesak. 
     
    “Tentang urgensinya akan ditentukan oleh instansi dan perusahaan tempat dia bekerja. Panduannya akan diatur oleh KemenpanRB, sedangkan untuk tanggung jawab perusahaan akan diatur oleh Kemenaker, sedangkan yang di luar itu akan diatur oleh Kemendagri,” jelas Menko PMK.

    #InfoBorneo.Web.id @2021

    Halaman 1 dari 3
    Copyrights@2021. WA: 08788 7200 909 Made with Info Borneo